Uncategorized

Pengrajin Rotan

Rotan dalam bahasa inggris disebut rattan adalah sejenis tanaman akar-akaran liar yang banyak tumbuh di wilayah hutan hujan tropis, seperti Indonesia. Indonesia merupakan pemasok rotan terbesar di dunia, hampir 80% kebutuhan rotan dunia didapat dari Indonesia. Di Indonesia sendiri daerah penghasil rotan mentah terbesar adalah Pulau Sulawesi dan Kalimantan. Banyak pula produksi rotan mentah atau pengrajin rotan yang kemudian menjadikan rotan sebagai produk anyaman atau kerajinan tangan seperti perabotan rumah tangga dan furniture pelengkap lainnya. Di Indonesia banyak pengrajin rotan yang masih menggunakan cara tradisional sehingga kualitas benar-benar terjamin.

Mengingat jenis kerajinan ini merupakan warisan budaya leluhur, maka penting untuk mendukung untuk melestarikannya. Berkaitan dengan ini upaya untuk mempatenkan bahwa kerajinan rotan merupakan salah satu budaya Indonesia, maka Kementerian Kehutanan mengkampanyekan ”The Real Rattan is Indonesia” dan membawa rotan sebagai warisan dunia kepada UNESCO.

Dari sisi pemasar dan pengrajin rotan, supaya agroindustri kerajinan rotan ini dapat berlanjut, maka disamping faktor pemasaran yang perlu mendapat perhatian serius, perilaku konsumen juga perlu diperhatikan. Salah satu perilaku konsumen yang penting untuk diketahui adalah alasan konsumen membeli produk kerajinan rotan. Selain dua hal tersebut, nampaknya kesadaran para pengrajin anyaman rotanakan kualitas ini pun kian meningkat. Hal ini terbukti dengan perkembangan dan kemajuan yang terus mengalami peningkatan, baik dalam segi kualitas bahan baku anyaman rotan maupun kualitas desain atau model-model produk yang dihasilkan.

Saat ini nampaknya masyarakat Indonesia sudah sangat terbuka dalam menyambut beragam kerajinan rotan yang dikreasikan dalam beragam produk, salah satu diantaranya yang paling banyak difavoritkan adalah produk furniture atau perabot perlengkapan rumah, seperti meja, kursi, rak, ayunan dan lain sebagainya. Furniture rotan memiliki pesona tersendiri jika dibandingkan dengan furniture dengan material kayu. Teknik pembuatannya dilakukan dengan cara dianyam sehingga memungkinkan furniture ini memiliki pola yang sangat indah, bahkan tanpa finishing sekalipun anyaman rotan tetap terlihat cantik. Hal ini tidak lain karena pola anyamannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *