Uncategorized

Kursi Rotan

Kursi rotan merupakan salah satu jenis kursi anyaman yang paling banyak diminati. Keunggulan kursi bahan rotan adalah gemulai bahan baku yang lentur sehingga mudah dibentuk menjadi berbagai macam desain furniture yang menarik. Sifat alamiah rotan yang cantik tropis dan cenderung tampak lebih ringan jika dibandingkan dengan kayu atau besi. Warna alami dari rotan yang kecoklatan bernuansa klasik, guratan serat serta pori-pori rotan juga menjadi pesona yang sangat sensasional. Kursi rotan modern minimalis dapat diterapkan pada berbagai konsep desain interior maupun eksterior bangunan rumah Anda. Keunikan karakteristik bahan rotan yang sangat fleksibel itu dapat dibentuk pada interior dan arsitektur gaya klasik, modern, kolonial maupun eklektik. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk menggunakan kursi dengan bahan rotan.

Furniture dengan bahan rotan telah lama dikenal dan digunakan, bahkan sejak ribuan tahun yang lalu, meski telah memasuki peradaban modern dimana furniture sudah semakin beragam, popularitas kursi rotan masih tidak juga bergeser. Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki kursi bahan rotan, berikut adalah tips pemilihan dan penataan yang dapat diikuti:

1.      Pilihlah jenis kursi rotan yang sesuai dengan fungsi interior agar dapat menunjang seluruh kebutuhan aktivitas Anda dalam ruangan tersebut.

2.      Perhatikan bentuk fisik atau model, kualitas warna finishing, konstruksi lilitan rotan, pola anyaman, kualitas rotan, ukuran ergonomis-antropometris, kekuatan, dan proporsinya, ini sangat penting untuk menentukan kualitas kursi, apakah baik atau tidak.

3.      Tanyakan jenis rotan alamiah yang digunakan dalam penyusunan kursi atau furniture yang akan Anda beli. Kursi rotan yang berkualitas menggunakan jenis rotan manau.

4.      Perhatikan kualitas finishing kursi.  Pada umumnya menggunakan politur natural, stain coklat tua, white wash, grey wash atau green wash. Namun ada pula kursi atau furniture rotan yang menggunakan cat duco atau cat solid dengan warna putih atau hitam.

5.      Perlu diketahui bahwa furniture rotan yang beredar di pasaran umumnya terdiri dari dua jenis yaitu rotan alamiah dan rotan sintetis. Sebelum memutuskan untuk membelinya, Anda harus mengetahui secara pasti bahan yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *