Uncategorized

Kerajinan Rotan Sintetis

Ketika tengah berburu furniture rotan, mungkin Anda sering menjumpai furniture dengan anyaman yang menyerupai rotan, namun pada dasarya itu bukanlah material rotan, yah inilah yang disebut dengan rotan sintetis. Di Indonesia saat ini banyak berkembang kerajinan rotan sintetis dengan produk beragam, mulai dari furniture seperti meja, kursi, rak buku, ayunan hingga aksesoris seperti tas, gelang dan masing banyak lagi lainnya.

Meskipun antara rotan sintetis dan rotan alam memiliki perbedaan, namun bukan berarti rotan sintetis memiliki kualitas rendah. Banyak bukti mengungkap bahwa rotan sintetis juga memiliki stabilitas yang tinggi, lebih kuat, awet, tidak mudah rusak dan memiliki pilihan model yang sangat beragam.

Sifatnya yang sangat elastis menjadikannya lebih mudah dibentuk mengikuti berbagai desain. Sehingga tidak heran jika furniture rotan sintetis tersedia dalam beragam pilihan. Rotan sintetis dibuat sesuai dengan ukuran furniture, sehingga tidak ada sambungan antar rotan.

Furniture rotan sintetis juga memiliki bobot yang relatif lebih ringan jika dibandingkan dengan furniture berbahan kayu murni atau rotan alam. Sehingga akan lebih mudah ketika dipindahkan.

Pada dasarnya ada dua bahan plastik yang banyak digunakan untuk membuat rotan sintetis, yakni Polyethilene  dan Polyvinyl Chloride (PVC). Kedua bahan ini adalah bahan plastik, bedanya polyethilene  lebih aman jika dibandingkan dengan PVC, baik dari segi kesehatan maupun lingkungan. Oleh sebab alasan inilah sebaiknya Anda memilih jenis kerajinan rotan sintetis yang berbahan dasar polyethilene untuk lebih amannya. Untuk menemukannya, jangan ragu untuk bertanya kepada pihak penjual mengenai bahan dasar dari pembuatan kerajian rotan sintetis tersebut.

Selain memperhatikan bahan utama penyusun rotan sintetis, perhatikan pula kualitas pengerjaan furniturenya. Perhatikan pada bagian bawah furniturenya, karena seringkali sambungan atau stepler diposisikan pada bagian ini. Seorang desainer furniture yang profesional tentu akan mampu meminimalisir sisi buruk atau dalam hal ini adalah sambungan rotan sintetis, selain itu sambungan rotan sintetis juga sebaiknya diikat satu per satu dan bukan menggunakan stepler. Sehingga tampilan furniture tersebut tetap indah, baik di bagian luar maupun di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *